Batasi Asupan Gula untuk Kesehatan

Batasi Makanan Manis
Batasi Makanan Manis

Mengonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan dari batas wajarnya sudah pasti akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai dampak dari berlebihan mengkonsumsi gula. Gula memang banyak digemari khususnya bagi penikmat rasa manis. Gula dapat menambahkan cita rasa yang berbeda apabila diberikan pada makanan atau minuman, selain itu gula juga memiliki khasiat untuk menambah energi. Namun, tetap saja apabila penggunaan nya secara berlebihan, maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu sangat penting untuk mengontrol dalam mengkonsumsi asupan gula bagi tubuh kita.

Perlunya membatasi asupan gula tidak hanya serta merta untuk menjaga kesehatan namun dibalik alasan alasan yang paling tepat adalah untuk menghindari beberapa penyakit berikut.

1. Meningkatkan risiko penyakit diabetes
Penggunaan gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko untuk terjadinya penyakit diabetes. Hal ini dapat terjadi pada saat seseorang mengonsumsi gula secara berlebihan pada berbagai jenis makanan yang dikonsumsi, sehingga membuat makanan tersebut sulit untuk dicerna. Hal tersebut akan berdampak pada kesehatan pankreas yang berfungsi untuk menghasilkan insulin tubuh, apabila kinerja pankreas untuk menghasilkan insulin terganggu maka dapat berdampak pula terjadinya penyakit diabetes.

2. Memicu kadar kolesterol
Dampak buruk berikutnya dari mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memicu kadar trigliserida dalam darah. Dengan tinggi nya tingkat kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Maka dari itu, batasi asupan gula baik melalui makanan maupun minuman untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

3. Tubuh terasa mudah lelah
Gula memang dapat memberikan energi secara instan apabila dikonsumsi secara tepat dan sewajarnya. Akan tetapi, selang beberapa waktu anda mengonsumsinya, kelebihan asupan gizi dari gula yang tidak dapat terserap oleh tubuh kita, maka akan membuat anda merasa ngantuk dan mudah lelah. Batasi asupan gula untuk menghindari resiko tubuh mudah cepat lelah.

4. Penglihatan menjadi kabur
Dampak buruk dari mengkonsumsi gula secara berlebihan adalah menurunnya daya penglihatan. Seperti penjelasan diatas mengonsumsi asupan gula secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah anda yang mengakibatkan diabetes. Dengan semakin tingginya kadar gula dalam darah hal ini dapat menyebabkan penglihatan mata menjadi kabur. Hal ini diakibatkan Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes memiliki dampak membuat lensa mata membengkak sehingga hal ini memicu penglihatan menjadi kabur.

Batasi Asupan Gula untuk Kesehatan kita, mulailah dengan menerapka pola makan dan pola hidup yang sehat, konsumsi makanan dan minuman sewajarnya guna mendapatkan tubuh yang sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *