Larangan Makanan Bagi Penderita TBC

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi seputar beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit TBC / Tuberculosis. Namun, sebelum kita mengulas mengenai pantangan makanan bagi penderita penyakit TBC / Tuberculosis, alangkah lebih baiknya jika terlebih dulu kita membahas sedikit tentang apa yang dimaksud dengan penyakit TBC itu?

Tuberculosis atau yang sering dikenal dengan penyakit TBC adalah sebuah penyakit yang saat ini penyebarannya lumayan tinggi, dan berpotensi menjadi serius yang paling utama adalah bisa mempengaruhi paru-paru Anda. Bakteri yang mengakibatkan TBC bisa menyebar dari 1 orang ke orang lain lewat tetesan kecil yang dikeluarkan ke udara lewat batuk & bersin.

Penyakit TBC ini jarang ditemukan di negara-negara maju, akan tetapi infeksi tuberculosis ini mulai meningkat pada tahun 1985, akibat dari timbulnya HIV, virus penyebab AIDS. HIV membuat sistem imunitas seseorang melemah sehingga tidak mampu menolak kuman TBC. Namun, dinegara Indonesia sendiri penyebarannya sudah tinggi sekali bahkan sampai diseluruh wilayah penyakit yang 1 ini lumayan banyak yang mengalaminya.

Nah, untuk itu bagi Anda yang telah menderita penyakit TBC sangat dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi & tinggi akan vitamin, dan jagalah gaya hidup sehat dengan selalu berolahraga secara rutin dan teratur. Tetapi, dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang merupakan menjadi pantangan bagi penderita penyakit TBC, yakni :

Makanan Apa Saja Yang Harus Dihindari Oleh Penderita TBC ?

  1. Gula halus & gula olahan – pengidap penyakit TBC sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi jenis makanan yang dibuat memakai gula halus / gula olahan. Yakni makanan apa saja yang mengandung gula halus/gula olahan itu, yaitu roti putih, sereal, makanan manis seperti kue dan puding.
  2. Minuman – penderita penyakit TBC juga sebaiknya menghindari jenis minuman seperti Teh dan Kopi. Mungkin yang menjadi pertanyaan, mengapa Teh dan Kopi menjadi pantangan penderita TBC. Sebab, kedua jenis minuman tersebut mengandung kafein, sementara kafein itu merupakan stimulan Tbc. Namun, seperti yang telah ditunjukkan oleh University of Maryland Center bahwa teh hijau itu bebas dari kandungan kafein & bisa dijadikan sebagai minuman pengobatan untuk membantu menangani penyakit TBC, hal ini dikarenakan di dalam Teh hijau terkandung antioksidan.
  3. Acar – juga merupakan makanan yang wajib dijauhi oleh pengidap penyakit TBC, karena acar memiliki kandungan tinggi natrium. Sebab, asupan pada pengidap penyakit TBC harus dibatasi, karna 1 s/d 2 ons acar memiliki kandungan 850 miligram natrium.
  4. Alkohol – pengidap penyakit TBC sangat tidak dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi jenis minuman yang mengandung alkohol, sebab dengan mengkonsumsi minuman beralkohol akan dapat memperparah kondisi penyakit TBC yang sedang dialami.
  5. Saus – pantangan penderita TBC yang terakhir adalah saus, karena saus diperkaya akan natrium dan gula. Sebagai solusi alternatifnya, pengidap penyakit TBC bisa menggunakan saus apel dan saus cranberry sebagai penggantinya.

Baca juga mengenai Obat Herbal TBC Paling Ampuh

Nah, untuk Anda yang sudah mengidap penyakit TBC atau mempunyai teman yang menderita TBC, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa hal yang telah diuraikan diatas. Hal ini dilakukan demi untuk kebaikan dalam menangkal penyakit TBC, sehingga penyakit TBC bisa pergi dengan segera & tubuh pun akan terbebas dari penyakit TBC.

Semoga dengan hadirnya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat serta bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit TBC yang Anda derita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *