Mengenal Seputar Penyakit Asma

Penyakit asma dan gejalanya

Mengenal Seputar Penyakit Asma – Asma memang merupakan penyakit umum yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Hal hal yang menyebabkan penyakit ini pun juga ternyata beragam walaupun yang paling umum diketahui adalah karena faktor suhu dan lingkungan.
Berbagai macam fakta yang tersebar di kalangan masyarakat ternyata tidak sepenuhnya benar tentang penyakit asma. Mulai dari penyebab hingga apa saja larangan yang harus dihindari oleh penderita asma, berikut akan dijelaskan beberapa fakta yang salah mengenai penyakit asma, antara lain:

  1. Penderita asma dilarang berolahraga
    Jika anda menderita penyakit asma, anda malah harus berolahraga. Tetapi olahraga yang dianjurkan disini bukan olahraga berat, melainkan olahraga yang sifatnya ringan seperti jogging atau bersepeda cukup disarankan untuk penderita asma. Dengan frekuensi dan intensitas yang teratur, olahraga justru akan berdampak positif dalam proses memperbaiki pernafasan Anda.
  2. Asma disebabkan oleh stres
    Stress adalah masalah psikologi yang menyerang otak secara langsung, gejolak emosi seperti marah atau menangis memang bisa menyebabkan seseorang terkena sesak nafas atau asma. Namun, yang perlu diketahui stress bukanlah penyebab utama munculnya penyakit asma.
  3. Asma dapat disembuhkan
    Ini adalah fakta yang tidak sepenuhnya benar. Sepanjang ilmu medis, belum ada obat yang benar benar mampu menghilangkan asma. Obat yang diberikan oleh dokter memang hanya bersifat pengobatan sementara. Masih ada peluang asma akan kambuh kembali.
  4. Asma adalah penyakit menular
    Jelas, ini adalah fakta yang salah. Anda tidak mungkin akan tertular asma hanya karena berada di dekat orang yang menderita asma. Ini juga tidak akan terjadi walaupun Anda melakukan kontak fisik, sebab asma bukan

    Asma memang membutuhkan perhatian khusus dalam penanganannya. Dengan banyaknya informasi yang beredar dan kemudian dipercayai oleh banyak orang, membuat penderita asma menjadi bingung untuk melakukan tindak pencegahan dan penyembuhan. Fakta fakta yang ada di masyarakat di atas mungkin sudah pernah Anda dengar. Dan ternyata, tidak semuanya berujung pada kebenaran karena minimnya pembuktian dan tidak teruji secara klinis

Sumber : bbc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *