Beberapa Cara Untuk Mengobati Penyakit Jampes Secara Alami

cara-mengobati-penyakit-jampesLangkah-langkah Cara Menyembuhkan Jampes

Mungkin selama ini anda bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menyembuhkan jampes. Tetapi sebelum mengetahui hal itu, ada baiknya untuk anda mengenal penyakit yang satu ini terlebih dahulu. Jampes sebenarnya merupakan istilah yang lebih sering digunakan oleh orang Jawa. Jampes sendiri memiliki nama latin Tinea Curis, yaitu sebuah penyakit kulit yang diderita oleh pasien pada daerah selangkangan atau sekitar kemaluan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri Jamur Dermatofit. Dermatofit sendiri merupakan kelompok jamur kulit yang tumbuh pada lapisan kulit mati. Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal yang tidak tertahankan serta warna merah pada wilayah selangkangan. Mayoritas penderita penyakit ini adalah seseorang yang sedang dalam masa puber dan tidak terbatas pada laki laki dan perempuan saja.

Mengatasi Penyakit Jampes

Penyakit yang satu ini biasanya melakukan penyebaran lewat pembentukan ruam pada selangkangan, terutama pada lipatan antara paha dan alat kelamin penderita. Pada ruam akan terasa gatal yang dilanjutkan dengan tanda warna merah. Ironisnya, gatal gatal yang terdapat pada selangkangan ini bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Lantas bagaimana cara menyembuhkan jampes? Anda sudah mengerti bahwa penyakit ini berasal dari jamur. Maka cara mengobati penyakit ini sangatlah mudah yaitu dengan lebih rajin dan teliti terhadap kebersihan tubuh sendiri. Hendaknya pasien tidak melewatkan waktu membersihkan diri seluruh badan atau mandi, dan jika memungkinkan gunakanlah sabun anti septic atau yang mengandung sulfur untuk membersihkan badan.

Cara menyembuhkan jampes lainnya yaitu dengan selalu menggunakan celana dalam yang bersih, berbahan dasar halus, dan menyerap keringat. Hal ini menjadi penting di lakukan agar mengurangi pergesekan antara kulit yang sensitif di daerah selangkangan. Jangan lupa juga untuk mengganti pakaian setiap hari. Untuk mencegah jamur berkembang biak, jangan lupa untuk menjaga kelembapan daerah selangkangan anda. Sebaiknya hindari pula berbagi handuk dengan orang lain.

Menjaga kebersihan memang menjadi nomer satu, tetapi tetap ada obat-obatan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gatal dari jampes. Untuk mengurangi rasa gatal yang berlebih, anda bisa menggunakan salep atau krim obat jamur terbaik. Untuk salep cobalah untuk menggunakan Salep Topikal Ketoconazole, Miconazole & Econazole. Jenis salep ini sangat mudah untuk ditemukan di apotik. Dalam beberapa kasus seringkali jampes sudah meradang. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan krim steroid atau bedak salicil untuk menjaga selangkangan tetap kering. Jalan terakhir yang terbaik adalah tetap memeriksakan diri anda kepada ahlinya untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya orang yang berbeda akan mendapatkan perbedaan hasil pula pada penanganannya. Untuk menghindari penyakit ini tentunya menjaga kebersihan adalah hal utama yang perlu dilakukan. Itulah beberapa cara menyembuhkan jampes.

Sumber :  www.emedicinehealth.com

Dampak Infeksi Virus HIV Terhadap Tubuh

Dampak infeksi HIV
Dampak infeksi HIV

Dampak infeksi HIV terhadap tubuh – Human Immunodeficiency Virus (HIV) bersifat mencari dan menghancurkan sel CD4+ , jenis limfosit T (sel T) yang merupakan penyusun sistem kekebalan tubuh manusia. Sel ini memiliki fungsi untuk menangkal penyakit dan infeksi yang diakibatkan oleh virus atau bakteri. HIV sebagai virus yang dapat melakukan replikasi ini akan merusak atau menghancurkan sel terinfeksi CD4+ dan menghasilkan lebih banyak virus untuk menginfeksi lebih banyak lagi sel CD4+. Apabila hal ini tidak ditangani maka akan mennyebabkan dampak yang lebih serius dari siklus infeksi HIV dalam tubuh.
Kecepatan virus menginfeksi tubuh bervariasi pada orang orang, banyak faktor seperti usia, gaya hidup, daya tahan tubuh, dan penanganan medis yang tepat dapat memberikan efek yang berbeda beda. Ketika mencapai tahap akhir infeksi HIV maka akan terjadi Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS). Pada tahap AIDS ini seluruh sistem kekebalan tubuh sudah menjadi sangat lemah, dan resiko terserang oleh infeksi oportunistik sangat besar persentasenya. Namun dengan penanganan yang tepat, tidak semua orang dengan HIV akan menjadi sindrom AIDS.
Ketika kegagalan sistem imun tubuh terjadi akibat infeksi HIV dan AIDS maka dokter akan memberikan obat ARV (Anti Retro Viral) yang bersifat menahan replikasi virus dan menjaga daya tahan tubuh tidak cepat drop namun tidak dapat menghilangkan virus HIV dari dalam tubuh dengan tujuan untuk mencegah efek yang lebih buruk dari infeksi HIV AIDS.
Sistem kekebalan tubuh bersifat mencegah tubuh anda dari serangan dan infeksi segala jenis penyakit yang menular. Dengan bantuan sel darah putih untuk melindungi anda dari infeksi virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya di dalam aliran darah. Ketika virus HIV menginfeksi dan masuk ke dalam tubuh maka virus ini akan langsung menyerang sel CD4+ yang merupakan sistem penyusun kekebalan tubuh secara keseluruhan. Sehingga sebagai dampak dari banyaknya sel CD4+ yang rusak akibat infeksi virus maka sistem kekebalan tubuh akan menjadi lemah dan meningkatkan resiko terserang penyakit lainnya menjadi lebih tinggi.
Pada awalnya gejala cukup mudah untuk diredakan seperti flu atau batuk dalam kurun waktu 1 sampai 2 bulan dari terinfeksi. Berikut beberapa gejala yang umum ditemui pada orang yang terinfeksi HIV:
• Demam disertai panas dingin sebagai dampak awal infeksi.
• Berkeringat lebih banyak di malam hari.
• Terjadi diare disertai mual dan muntah.
• Sakit kepala dan pusing.
• Rasa nyeri pada otot dan persendian.
• Sariawan dan radang tenggorokan.
• Muncul ruam ruam pada area kulit.
• Pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher.

Baca artikel tentang obat herbal hiv aids paling ampuh.

Tahap awal dari infeksi virus HIV biasanya disebut sebagai tahap infeksi akut. Virus akan mereplikasi dengan cepat pada tahap ini. Anda mungkin tidak akan merasakan banyak gejala serius, tapi jumlah virus HIV di dalam darah akan terus bertambah banyak. Tahap selanjutnya disebut dengan infeksi tahap laten. Pada infeksi tahap ini membutuhkan waktu berlangsung 8 sampai 10 tahun lalu dapat berkembang menjadi AIDS. Dalam beberapa kasus infeksi HIV ada yang berlangsung lebih lama dari waktu tersebut, pada tahap ini tidak akan menimbulkan gejala apapun namun virus tetap ada di dalam tubuh dan terus merusak sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan menjadi AIDS.

Source : www.healthline.com

Larangan makanan bagi penderita TBC

Larangan makanan bagi penderita tbc – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi seputar beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit TBC / Tuberculosis. Namun, sebelum kita mengulas mengenai pantangan makanan bagi penderita penyakit TBC / Tuberculosis, alangkah lebih baiknya jika terlebih dulu kita membahas sedikit tentang apa yang dimaksud dengan penyakit TBC/Tuberculosis itu?
Tuberculosis atau yang sering dikenal dengan penyakit TBC adalah sebuah penyakit yang saat ini penyebarannya lumayan tinggi, dan berpotensi menjadi serius yang paling utama adalah bisa mempengaruhi paru-paru Anda. Bakteri yang mengakibatkan TBC bisa menyebar dari 1 orang ke orang lain lewat tetesan kecil yang dikeluarkan ke udara lewat batuk & bersin. Penyakit TBC ini jarang ditemukan di negara-negara maju, akan tetapi infeksi tuberculosis ini mulai meningkat pada tahun 1985, akibat dari timbulnya HIV, virus penyebab AIDS. HIV membuat sistem imunitas seseorang melemah sehingga tidak mampu menolak kuman TBC. Namun, dinegara Indonesia sendiri penyebarannya sudah tinggi sekali bahkan sampai diseluruh wilayah penyakit yang 1 ini lumayan banyak yang mengalaminya. Nah, untuk itu bagi Anda yang telah menderita penyakit TBC sangat dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi & tinggi akan vitamin, dan jagalah gaya hidup sehat dengan selalu berolahraga secara rutin dan teratur. Tetapi, dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang merupakan menjadi pantangan bagi penderita penyakit TBC, yakni :
Makanan Apa Saja Yang Harus Dihindari Oleh Penderita TBC ?
1. Gula halus & gula olahan – pengidap penyakit TBC sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi jenis makanan yang dibuat memakai gula halus / gula olahan. Yakni makanan apa saja yang mengandung gula halus/gula olahan itu, yaitu roti putih, sereal, makanan manis seperti kue dan puding.
2. Minuman – penderita penyakit TBC juga sebaiknya menghindari jenis minuman seperti Teh dan Kopi. Mungkin yang menjadi pertanyaan, mengapa Teh dan Kopi menjadi pantangan penderita TBC. Sebab, kedua jenis minuman tersebut mengandung kafein, sementara kafein itu merupakan stimulan Tbc. Namun, seperti yang telah ditunjukkan oleh University of Maryland Center bahwa teh hijau itu bebas dari kandungan kafein & bisa dijadikan sebagai minuman pengobatan untuk membantu menangani penyakit TBC, hal ini dikarenakan didalam Teh hijau terkandung antioksidan.
3. Acar – juga merupakan makanan yang wajib dijauhi oleh pengidap penyakit TBC, karena acar memiliki kandungan tinggi natrium. Sebab, asupan pada pengidap penyakit TBC harus dibatasi, karna 1 s/d 2 ons acar memiliki kandungan 850 miligram natrium.
4. Alkohol – pengidap penyakit TBC sangat tidak dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi jenis minuman yang mengandung alkohol, sebab dengan mengkonsumsi minuman beralkohol akan dapat memperparah kondisi penyakit TBC yang sedang di alami.
5. Saus – pantangan penderita TBC yang terakhir adalah saus, karena saus diperkaya akan natrium dan gula. Sebagai solusi alternatifnya, pengidap penyakit TBC bisa menggunakan saus apel dan saus cranberry sebagai penggantinya.

Baca juga mengenai obat herbal tbc yang ampuh

Nah, untuk Anda yang sudah mengidap penyakit TBC atau mempunyai teman yang menderita TBC, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa hal yang telah diuraikan diatas. Hal ini dilakukan demi untuk kebaikan dalam menangkal penyakit TBC, sehingga penyakit TBC bisa pergi dengan segera & tubuhpun akan terbebas dari penyakit TBC. Semoga dengan hadirnya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat serta bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit TBC yang Anda derita.. Aamiin 

Mengenal Seputar Penyakit Asma

Penyakit asma dan gejalanya

Mengenal Seputar Penyakit Asma – Asma memang merupakan penyakit umum yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Hal hal yang menyebabkan penyakit ini pun juga ternyata beragam walaupun yang paling umum diketahui adalah karena faktor suhu dan lingkungan.
Berbagai macam fakta yang tersebar di kalangan masyarakat ternyata tidak sepenuhnya benar tentang penyakit asma. Mulai dari penyebab hingga apa saja larangan yang harus dihindari oleh penderita asma, berikut akan dijelaskan beberapa fakta yang salah mengenai penyakit asma, antara lain:

  1. Penderita asma dilarang berolahraga
    Jika anda menderita penyakit asma, anda malah harus berolahraga. Tetapi olahraga yang dianjurkan disini bukan olahraga berat, melainkan olahraga yang sifatnya ringan seperti jogging atau bersepeda cukup disarankan untuk penderita asma. Dengan frekuensi dan intensitas yang teratur, olahraga justru akan berdampak positif dalam proses memperbaiki pernafasan Anda.
  2. Asma disebabkan oleh stres
    Stress adalah masalah psikologi yang menyerang otak secara langsung, gejolak emosi seperti marah atau menangis memang bisa menyebabkan seseorang terkena sesak nafas atau asma. Namun, yang perlu diketahui stress bukanlah penyebab utama munculnya penyakit asma.
  3. Asma dapat disembuhkan
    Ini adalah fakta yang tidak sepenuhnya benar. Sepanjang ilmu medis, belum ada obat yang benar benar mampu menghilangkan asma. Obat yang diberikan oleh dokter memang hanya bersifat pengobatan sementara. Masih ada peluang asma akan kambuh kembali.
  4. Asma adalah penyakit menular
    Jelas, ini adalah fakta yang salah. Anda tidak mungkin akan tertular asma hanya karena berada di dekat orang yang menderita asma. Ini juga tidak akan terjadi walaupun Anda melakukan kontak fisik, sebab asma bukan

    Asma memang membutuhkan perhatian khusus dalam penanganannya. Dengan banyaknya informasi yang beredar dan kemudian dipercayai oleh banyak orang, membuat penderita asma menjadi bingung untuk melakukan tindak pencegahan dan penyembuhan. Fakta fakta yang ada di masyarakat di atas mungkin sudah pernah Anda dengar. Dan ternyata, tidak semuanya berujung pada kebenaran karena minimnya pembuktian dan tidak teruji secara klinis

Sumber : bbc.com

Makanan Pencegah dan Penekan Tumbuhnya Kista Dalam Rahim

Penyakit kista
Penyakit kista

Berbicara soal makanan tentu kita akan terbayang dengan hal hal yang berbau sedap dan menggugah selera sehingga akan merangsang nafsu makan kita, tetapi bagi beberapa wanita yang didiagnosis ada kista di dalam tubuhnya tentu perlu mengontrol dan menjaga makanan apa saja yang dianjurkan masuk ke dalam tubuhnya dan yang tidak dianjurkan masuk ke dalam tubuhnya agar sel kista tidak semakin membesar dan menyebar di dalam rahim. Makanan ini dapat dengan mudah kita cari sehari-hari baik di pasar maupun supermarket swalayan yang dekat dengan tempat tinggal anda. Berikut makanan yang dianjurkan untuk pengidap Kista:

  1. Selada, sayuran hijau ini dapat melawan resistensi insulin yang merupakan salah satu penyebab umum dari penyakit kista, dan selada adalah penetralisirnya.
  2. Bayam, jenis sayuran yang memiliki zat besi yang bergizi dan berkalori rendah untuk menginduksi ovulasi dan menghindari infertilitas karena obesitas.
  3. Brokoli, sayuran hijau satu ini kaya akan vitamin dan rendah kalori serta indeks glikemik. Selain memiliki sifat anti kanker dan radikal bebas, brokoli juga sehat untuk dikonsumsi selama diet.
  4. Kayu Manis, rempah rempah aromatik ini juga dapat menurunkan tingkat insulin dalam tubuh dan mengobati obesitas. Mengobati penyakit kista ovarium dengan kayu manis ini dapat anda pilih sebagai alternatif.
  5. Tomat, salah satu jenis sayuran yang rendah indeks glikemiks dan kaya akan likopen. Tomat adalah makanan anti-penuaan atau anti-aging dan penurun berat badan yang bisa menangkal penyakit kista.
  6. Kacang-Kacangan, dapat membantu mengontrol resistensi insulin memberikan manfaat yang luar biasa dalam membantu mengatasi penyakit kista ovarium.
  7. Susu, siapa yang tidak kenal minuman satu ini, kandungan Kalsium sangat dibutuhkan oleh wanita dalam siklus haid, susu dapat membantu dalam pematangan sel telur, pembangunan folikel di ovarium, dan memperkuat tulang, empat sehat lima sempurna.
  8. Yogurt, salah satu minuman favorit di cafe atau restoran yang terkenal dengan rasa asam tapi menyegarkan tubuh. Yogurt adalah produk susu yang tidak hanya kaya akan kalsium, tetapi juga dapat melindungi wanita dari infeksi seperti ISK (Infeksi Saluran Kemih).
  9. Telur, putih telur mengandung protein dan lemak tidak jenuh yang baik untuk di konsumsi makanlah telur rebus tanpa kuningnya, hal ini karena kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi dan berbahaya bagi jantung.
  10. Ikan Salmon, kaya akan omega3 dan rendah indeks glikemik, baik untuk kesehatan jantung, serta dapat meningkatkan kadar hormon androgen pada wanita, tentunya hal ini berdampak positif bagi penderita penyakit kista.

Baca juga : http://obatherbalgondok.com/obat-herbal-kista-ovarium-ampuh/

Makanan di atas sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Makanan tersebut selain bisa mencegah munculnya dan menekan laju pertumbuhan kista, juga bisa mengatasi masalah siklus haid menjadi lebih teratur, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan dapat memberikan solusi bagi anda yang kesulitan memilih menu makanan agar segera terbebas dari bayang-bayang penyakit kista.

Khasiat Cabai untuk Kesehatan Tubuh

Cabai
Cabai

Khasiat cabai untuk kesehatan tubuh – Seperti yang kita ketahui, makanan yang mengandung rasa pedas memang memiliki cita rasa yang nikmat dan menggoda. Apalagi bagi pencinta makanan pedasa kalau tidak sampai keringetan belum nikmat rasanya. Ya, makanan pedas memang sangat menggugah selera, namun di balik rasanya yang nikmat ternyata makanan pedas juga memiliki banyak khasiat kesehatan bagi tubuh kita loh. Bagi anda yang memiliki hobi menyantab makanan pedas, maka ini lah kabar baik bagi anda terutama untuk kesehatan tubuh anda.

Berikut khasiat cabai untuk kesehatan tubuh yang dapat kita ketahui

1. Menyehatkan jantung
Khasiat dari Cabai yang pertama adalah menyehatkan jantung. Cabai memiliki kandungan yang kaya akan vitamin seperti vitamin C, vitamin A, dan bioflavinoids. Dari Ketiga kandungan tersebut dapat memperkuat pembuluh darah, membuatnya menjadi elastis, dan dapat menyesuaikan diri dengan tekanan darah yang fluktuasi. Selain itu khasiat dari kandungan cabai tersebut dapat membantu tubuh dalah mencegah dan mengatasi penyakit kolesterol, salah saktor faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

2. Mengurangi peradangan
Khasiat berikutnya dari cabai adalah dapat mengurangi perdangan. Cabai memiliki kandungan utama yang bernama Kapsaisin yang memiliki fungsi utama dalam menghambat Substance P, nah ini lah zat yang berkaitan dengan proses inflamasi yang dapat mengurangi peradangan. Zat ini mengakibatkan migrain, sakit kepala, hingga sinus. Kapsaisin dikenal juga dapat merangsang pelepasan endorfin yang berfungsi mengurangi dan menyembuhkan rasa nyeri akibat peradangan.

3. Melancarkan hidung tersumbat
Khasiat cabai telah dibuktikan dapat melancarkan hidung yang tersumbat. Konsumsi makanan pedas yang berkuah dapat melancarkan hidung yang tersumbat dikarenakan rasa panasnya akan merangsang sekresi dengan cara membantu proses terbukanya saluran pernapasan anda yang telah tersumbat cairan. Selain itu fungsi tersebut, cabai memiliki fungsi sebagai antibakteri yang dapat membantu memerangi infeksi sinus kronis.

4. Membantu program diet
Ternyata cabai juga memiliki khasiat dapat membantu program diet. Kandungan kapsaisin yang terdapat pada cabai dapat membantu mengurangi jaringan lemak serta membantu mempecepat proses sistem metabolisme tubuh sehingga dapat mengontrol berat badan.

5. Mematikan sel-sel kanker
Khasiat cabai selanjutnya dapat mematikan sel kanker. Menurut penelitian para pakar, kandungan kapsaisin yang ada pada cabai dapat mematikan dan menghambat pertumbuhan sel-sel ganas penyebab kanker, terutama kanker prostat.

Nah itulah khasiat cabai bagi kesehatan tubuh kita, memang cabai memiliki banyak kesehatan apabila di konsumsi dengan sewajarnya. Jangan berlebihan mengkonsumsi cabai karena akan memberikan efek yang tidak baik pada tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Batasi Asupan Gula untuk Kesehatan

Batasi Makanan Manis
Batasi Makanan Manis

Mengonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan dari batas wajarnya sudah pasti akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai dampak dari berlebihan mengkonsumsi gula. Gula memang banyak digemari khususnya bagi penikmat rasa manis. Gula dapat menambahkan cita rasa yang berbeda apabila diberikan pada makanan atau minuman, selain itu gula juga memiliki khasiat untuk menambah energi. Namun, tetap saja apabila penggunaan nya secara berlebihan, maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu sangat penting untuk mengontrol dalam mengkonsumsi asupan gula bagi tubuh kita.

Perlunya membatasi asupan gula tidak hanya serta merta untuk menjaga kesehatan namun dibalik alasan alasan yang paling tepat adalah untuk menghindari beberapa penyakit berikut.

1. Meningkatkan risiko penyakit diabetes
Penggunaan gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko untuk terjadinya penyakit diabetes. Hal ini dapat terjadi pada saat seseorang mengonsumsi gula secara berlebihan pada berbagai jenis makanan yang dikonsumsi, sehingga membuat makanan tersebut sulit untuk dicerna. Hal tersebut akan berdampak pada kesehatan pankreas yang berfungsi untuk menghasilkan insulin tubuh, apabila kinerja pankreas untuk menghasilkan insulin terganggu maka dapat berdampak pula terjadinya penyakit diabetes.

2. Memicu kadar kolesterol
Dampak buruk berikutnya dari mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memicu kadar trigliserida dalam darah. Dengan tinggi nya tingkat kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Maka dari itu, batasi asupan gula baik melalui makanan maupun minuman untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

3. Tubuh terasa mudah lelah
Gula memang dapat memberikan energi secara instan apabila dikonsumsi secara tepat dan sewajarnya. Akan tetapi, selang beberapa waktu anda mengonsumsinya, kelebihan asupan gizi dari gula yang tidak dapat terserap oleh tubuh kita, maka akan membuat anda merasa ngantuk dan mudah lelah. Batasi asupan gula untuk menghindari resiko tubuh mudah cepat lelah.

4. Penglihatan menjadi kabur
Dampak buruk dari mengkonsumsi gula secara berlebihan adalah menurunnya daya penglihatan. Seperti penjelasan diatas mengonsumsi asupan gula secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah anda yang mengakibatkan diabetes. Dengan semakin tingginya kadar gula dalam darah hal ini dapat menyebabkan penglihatan mata menjadi kabur. Hal ini diakibatkan Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes memiliki dampak membuat lensa mata membengkak sehingga hal ini memicu penglihatan menjadi kabur.

Batasi Asupan Gula untuk Kesehatan kita, mulailah dengan menerapka pola makan dan pola hidup yang sehat, konsumsi makanan dan minuman sewajarnya guna mendapatkan tubuh yang sehat. Semoga bermanfaat.